Hendi Targetkan Pelebaran Jalan Sriwijaya Mulai Januari 2021



Di sebuah warung kecil di pinggir jalan Sriwijaya, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengumpulkan sejumlah pejabat Dinas Pekerjaan Umum, Senin (14/12). Bukan tanpa maksud, pria yang akrab disapa Hendi itu mengajak jajarannya di Pemerintah Kota Semarang tersebut untuk mendiskusikan rencana penambahan jalur di jalan Sriwijaya. Adapun dengan penambahan jalur itu nantinya akses jalan tersebut akan bertambah lebar, dan diharapkan mampu mengurai kepadatan kendaraan, yang saat ini menjadi salah satu tantangan pengembangan Kota Semarang kedepan.

Dalam rapat di sebuah warung kecil tersebut, Hendi sendiri memberikan target kepada Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang untuk dapat memulai pembangunan pada Januari 2021. Hal itu ditegaskannya mengingat jalur yang menjadi rencana jalur tambahan telah siap untuk dilakukan pembangunan. Tak hanya itu, Wali Kota Semarang merasa, tak kunjung dilaksanakannya permbangunan tersebut akan mempersulit masyarakat sekitar keluar masuk tempat tinggalnya, dengan kondisi lahan yang belum digarap.

Apalagi disebutkan Hendi, pembangunan yang diperkirakan menelan biaya sekitar 10 Milyar Rupiah tersebut penting untuk menjadi perhatian Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang, karena menjadi salah satu project prioritasnya di tahun 2021. "Hari ini saya mengajak sedulur - sedulur PU untuk bersama mengecek kondisi lapangan, sekaligus menekankan kepada untuk project ini dapat dimulai di awal tahun 2021," tegas Hendi. "Selain mengurai kepadatan, semakin cepatnya pembangunan dilakukan akan lebih mempermudah akses keluar masuk sedulur - sedulur sekitar," tambahnya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kota Semarang, Suriyaty menerangkan, pembangunan jalan akan dilakukan pada sisi dalam drainase dengan lebar 4,5 meter hingga 9 meter. "Jadi sifatnya kita menambah lajur, jalan eksisting yang ada saaat ini nanti hanya akan digunakan satu arah menuju Jalan Pahlawan, sedangkan untuk menuju ke pertigaan Singosari akan menggunakan lajur baru yang akan dibangun ini," jelasnya. "Ini tinggal pengerjaan fisiknya saja, lahannya sudah siap, desainnya juga sudah ada," pungkas Suriyaty.

Di sisi lain, Kepala Dinas PU Kota Semarang, Sih Rianung mengungkapkan, pembangunan lajur baru jalan Sriwijaya akan dikerjakan secara swakelola. "Tadi kami sekaligus berdiskusi bersama, bagaimana mengejak pekerjaan ini dengan swakelola, yang tentu menjadi tantangan tersendiri, tapi kami tegaskan kami siap," pungkas Rianung. "Dan memang di tahun 2021 fokus kami ada pada Jalan Sriiwijaya ini dan juga pembangunan jembatan kaca di Tinjomoyo," jelasnya.

2 Komentar

  1. Alhamdulillah kalau benar pelebaran jalan Sriwijaya dilaksanakan bulan Januari 2021. Pokoknya mantap. Matur nuwun

    BalasHapus
  2. Karena sy tinggal dekat jln Sriwijaya tepat nya di Jl. Tegalwareng II Candi

    BalasHapus