Hendi : PKK Dapat Berperan Menguatkan Penanganan Pandemi COVID-19


Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meminta kepada seluruh jajaran PKK kota Semarang untuk bersinergi dengan Pemerintah Kota Semarang dalam hal penanganan pandemi COVID-19. Menurut pria yang akrab disapa Hendi tersebut, PKK selama ini memiliki peran strategis di masyarakat sebagai edukator, sehingga pada penanganan COVID-19 memiliki kontribusi yang besar. 

"PKK dapat ikut berperan di dalam mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak tertular COVID-19. Sampaikan kepada masyarakat untuk selalu melaksanakan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak ataupun pengembangannya menjadi 4M atau 5M silakan," tuturnya saat menghadiri rapat koordinasi Tim Penggerak PKK Kota Semarang secara virtual, Rabu (27/1).

"Upaya mengedukasi masyarakat herus terus dilakukan, dan semua informasi harus disampaikan dengan jelas. Ini agar tidak terjadi disinformasi di masyarakat, karena ada sebagian dari kelompok masyarakat, meskipun kecil, tapi dapat berdampak ke yang lain, karena masih enggan memakai masker, baik dalam interaksi sosial maupun pelaksanaan agenda kemasyarakatan," tekannya.

Terkait dampak sosial ekonomi dari pandemi, Hendi juga meminta agar PKK dapat semakin peka melihat kondisi sosial yang ada di sekitarnya. “PKK harus bisa tampil di depan melihat dan jika memungkinkan ikut membantu secara detail siapa saja yang hari ini susah makan atau terdampak pandemi ini,” harap Hendi.

Sepanjang pandemi ini, selain bantuan sembako, Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Sosial juga secara rutin membagikan bantuan berupa 6.000 dus makanan melalui program Jumat Berkah. Sehingga menurutnya, program ini sangat terbuka dengan bantuan dan dukungan dari para kader PKK.

Dalam kesempatan tersebut, Hendi pun memberikan apresiasi atas loyalitas dan partisipasi aktif para kader PKK Kota Semarang dalam mendukung proses pembangunan yang ada di Kota Semarang. Dirinya kemudian meminta sinergitas dan kerja sama yang baik antara PKK dengan jajaran Pemerintah kota Semarang agar dapat terus dijaga dan ditingkatkan untuk memberikan kemanfaatan yang semakin luas bagi masyarakat.

“Jajaran PKK merupakan salah satu organisasi dengan loyalitas kader tanpa pamrih dengan memberikan kemanfaatan dan peran yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat. Peran ini harapannya dapat terus ditingkatkan khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini,” ungkap Hendi.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi menyampaikan bahwa pihaknya akan terus siap berjalan selaras dengan berbagai program Pemerintah Kota Semarang untuk memberikan kemanfaatan yang semakin luas bagi warga masyarakat. Untuk itu mengawali tahun 2021 ini, sinkronisasi dan evaluasi dilakukan agar kerja sama PKK dan Pemkot ke depan semakin baik.

Rakor virtual yang melibatkan berbagai OPD Kota Semarang itu sendiri, di antaranya membahas program unggulan, sinkronisasi program kerja, sistem dan manajemen kerja sekaligus optimalisasi berbagai program PKK Kota Semarang di tahun 2021.

0 Komentar